PENGUMUMAN UNTUK HASIL UJIAN MASUK GELOMBANG Ke-3 PONDOK MODERN AL-JAUHAR SUDAH BISA DILIHAT DI www.aljauhar.com / www.pondok-modern-aljahar.blogspot.com download hasil Ujian Masuk Gelombang Pertama disini...

Tuesday 11 June 2013

Kegiatan Fathul Kutub

Al-Jauhar merupakan  salah satu pondok pesantren yang berdiri diatas daratan ranah riau,tepatnya ditengah-tengah kota duri.
Pondok Al-Jauhar ini mempunyai beberapa agenda kegiatan,baik itu kegiatan harian,bulanan dan tahunan.
Adalah fathul kutub.ya fathul kutub,fathul kutub ini merupakan kegiatan tahunan yang dikhususkan dan diwajibkan bagi santriwan dan santriwati akhir KMI (KULLIYATULL MUALLMINALL ISLAMIYYAH) Pondok Modern Al Jauhar. Fathul kutub ini merupakan rentetan dari kegiatan fathul yang lainnya. Diawali dari fathur rahman khusus bagi santri kelas 4 dan 3 int,fathul munjid khusus kelas 5 KMI,dan fathul kutub khusus dan wajib bagi santri dan santriwati  kelas akhir KMI.

Dan adapun tujuan diadakannya fathul kutub bagi santri akhir KMI ini yaitu untuk menerapkan ilmu alat atau ilmu terapan (Nahwu,Sharaf Dan B.arab)dan juga untuk menambah wawasan juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang ilmu agama seperti tafsir,tauhid,hadis dan fiqih dan juga tujuan fathul kutub ini untuk belajar mengkaji kitab-kitab salaf dan utamanya lagi supaya santriwan dan santrwati mampu belajar mandiri dan siap menghadapi kehidupan nanti dengan baik “Ridhollah Hi Ta’ala”…
Fathul kutub ini merupakan rentetan ujian santri akhir KMI,dari sekian banyak ujian.Ujian ini merupakan ujian yang menggunakan pemikiran yang luar biasa,mengapa begitu ?..Karena ujian ini dengan system membahas tentang masalah-masalah agama dan diuraikan dengan teliti dan seksama. Menurut salah satu santri yang mengikuti ujia fathul kutub ini,dalam satu hari kami harus membahas puluhan bahkan ratusan bab dari pelajaran yang berbeda…”ujarnya sambil menyengir….
Fathul kutub ini diikuti seluruh santriwan dan santriwati akhir KMI yang berjumlah 49 orang dengan rincian 23 santriwan dan 26 santriwati. Fathul kutub ini di panitiai oleh staff  KMI dan dibawah pengarahan dan bimbingan majelis pimpinan,wali kelas,dan guru senior Pondok Modern Al-Jauhar.Sebelum ujian ini dimulai,para majelis pimpinan memberikan banyak pengarahan,dukungan dan nasehat sesuai dengan bidangnya masing-masing…”jelas Ustad Haryono  M.Pd.I selaku direktur KMI.
Ujian ini berjalan selama 3 hari,dimulai dari hari senin-rabu dan diadakan siang dan malam. Selanjutnya beliau juga memaparkan bahwa dalam pelaksanaan ujian fathul kutub ini masih terdapat kendala. Salah satunya yaitu keterbatasan buku dan kitab tentang materi yang akan diujikan,dan juga kemampuan bahasa santriwa dan santriwati yang masih kurang,jadi agak sedikit menjadi kendala..”ujar bapak direktur….

0 comments:

BERITA TERKINI